Acara, Pod

4 Hal Sebelum Kamu Beli Liquid Vape

Acara, Pod

4 Hal Sebelum Kamu Beli Liquid Vape

Bagikan Artikel

Berlangganan

Segera Bergabung Dengan Untuk Mengetahui Perkembangan Terbaru Tentang Vape.

Artikel Lain

4 Hal Sebelum Kamu Beli Liquid Vape

Liquid adalah satu benda yang tidak bisa dilepaskan dari rokok elektrik. Karena dari adanya liquid yang dipanaskan inilah keluar uap yang aromanya bisa dinikmati oleh para pengguna vape. Agar ngebul lebih nikmat, perhatikan 4 hal berikut sebelum kamu memutuskan untuk beli liquid vape.

Selain rokok, vape juga menjadi salah satu pilihan bagi kaum millenial. Tidak sedikit pengguna rokok yang beralih ke vape karena dianggap lebih bervariasi soal rasa. Dalam dunia vape, pastinya kamu mengenal dengan apa itu Liquid Vape. Dan bisa dikatakan ini merupakan bahan utama dalam aktivitas vaping. Biar nggak salah diartikan, yuk simak penjelasan di bawah ini tentang 4 Hal Sebelum Kamu Beli Liquid Vape sebagai berikut :

Apa Itu Liquid Vape?

Mari mengenal Apa itu Liquid Vape ? Liquid Vape atau yang sering disebut vapor juice, e-juice, vape juice atau liquid pod adalah cairan yang menjadi bahan utama dalam aktivitas vape yang hadir dengan berbagai macam pilihan rasa, aroma, hingga level nikotin yang berbeda.

Untuk rasa, liquid hadir dengan banyak pilihan, misalnya liquid juicy yang identik dengan rasa segar seperti buah strawberry, apel, pisang, mangga, anggur dan jenis buah-buahan lain. Sedangkan untuk liquid creamy lebih identik dengan rasa manis seperti coklat, cake, sereal, kopi, teh, dan masih banyak lagi. Bahkan kini sudah tersedia liquid yang mengkombinasikan antara 2 sampai 3 rasa yang bisa dinikmati sekaligus.

Jenis-Jenis Liquid

Dalam dunia vape, ada dua jenis liquid yang dikenal, yaitu Freebase dan Salt Nicotine. Kedua liquid ini memiliki ciri khas tersendiri mulai dari rasa, aroma, hingga level nikotin yang digunakan.

1. Jenis Freebase

Freebase adalah jenis liquid yang menghasilkan uap lebih banyak, rasanya lebih padat dan sangat terasa di mulut. Jenis liquid ini menggunakan nikotin dalam level yang rendah. Lebih cocok digunakan untuk jenis Vape Mod.

Sedangkan, Vape Mod adalah alat vape yang memiliki ukuran lebih besar dan sering digunakan untuk jenis liquid freebase dengan kadar nikotin mulai dari 3 – 12 ml dengan hasil uap yang lebih banyak.

2. Jenis Salt Nicotine

Kebalikan dari liquid freebase, Salt Nicotine adalah jenis liquid dengan kadar nikotin lebih tinggi namun menghasilkan uap yang lebih sedikit. Jenis liquid ini lebih cocok untuk mereka yang baru beralih ke vape atau newbie. Uapnya sangat smooth dan tidak mengganggu di tenggorokan.

Salt Nicotine sendiri biasanya digunakan untuk jenis Vape Pod yang menggunakan cartridge. Alat vape ini memiliki ukuran lebih kecil dan digunakan untuk liquid dengan kadar nikotin tinggi mulai dari 10 – 10 ml. Rasa nikotinnya lebih berada dan TH-nya lebih keras dibanding Vape Mod.

Kandungan Pada Liquid Vape

Berbeda dari rokok tembakau yang sekali habis, vape atau rokok elektrik bisa digunakan hingga berkali-kali. Vape sendiri terdiri dari baterai, cartridge, dan liquid atau cairan khusus vape. Di dalam cartridge, liquid akan dipanaskan untuk menghasilkan uap yang akan dihirup.  Liquid sendiri terdiri dari beberapa kandungan khusus. Nah, untuk kamu yang belum tahu kandungan dari liquid. Berikut beberapa bahan yang terkandung dalam liquid pada vape:

  • Nikotin

    Nikotin merupakan zat adiktif yang digunakan sebagai bahan utama dalam cairan vape. Umumnya, kadar nikotin yang digunakan dalam vape lebih rendah dibanding rokok batangan. Namun ada juga yang menggunakan nikotin dalam kadar yang lebih tinggi menyamai rokok batangan.
  • Gliserin

    Gliserin atau dengan nama lain Vegetable Glycerin adalah bahan yang digunakan dalam cairan vape dan berasal dari tumbuhan. Biasanya, bahan ini digunakan sebagai tambahan dalam pembuatan produk obat atau makanan untuk memberikan rasa manis.

Bahan ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Propilen Glikol, yaitu untuk menghasilkan uap atau asap. Namun, karena senyawa gliserin lebih tipis jadi uap yang dihasilkan pun lebih sedikit dan tidak terlalu tebal.

  • Senyawa Karbon

    Dalam uap vape ditemukan setidaknya ada empat senyawa karbon yang digunakan, yaitu acetaldehyde, formaldehyde, glycidol, dan acrolein. Senyawa-senyawa inilah yang dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan apabila digunakan dalam jangka waktu panjang.
  • VOC atau Volatile Organic Compounds

    VOG atau Volatile Organic Compound merupakan senyawa organik yang digunakan dalam vape untuk menghasilkan uap. Salah satu jenis VOG yang digunakan dalam cairan vape adalah Propilen Glikol. Dimana senyawa ini memiliki sifat yang mudah menguap sehingga banyak digunakan dalam produk-produk liquid.
  • Zat Perasa

    Ada lebih dari 7.000 Zat perasa yang ditawarkan pada produk liquid dan itu sangat beragam, mulai dari rasa fruit, creamy, mint, kopi, dan masih banyak lagi. Salah satu bahan perasa yang juga banyak digunakan dalam produk vape adalah Diacetyl yaitu perasa yang sering digunakan untuk karamel dan mentega.

4 Hal Sebelum Kamu Beli Liquid Vape

Liquid adalah satu benda yang tidak bisa dilepaskan dari rokok elektrik. Karena dari adanya liquid yang dipanaskan inilah keluar uap yang aromanya bisa dinikmati oleh para pengguna vape. Agar ngebul lebih nikmat, perhatikan beberapa 4 hal berikut sebelum kamu memutuskan untuk membeli liquid vape.

  • 1. Rasa Dan Aroma

    Aneka selera rasa liquid terus berkembang sesuai dengan permintaan penikmatnya. Ada rasa mint, rasa cokelat, vanila, buah, serta berbagai rasa lainnya. Para produsen liquid berlomba menciptakan liquid sesuai dengan keinginan pasar. Anda suka rasa apa? Cobalah minta pada counter penjual liquid. Pilih saja yang sesuai selera. Jangan membeli rasa yang tidak anda suka karena akan mempengaruhi kenikmatan vape.
  • 2. Level Nicotin

    Level nicotin ini beragam. Ada liquid yang tidak mengandung nicotin, mengandung nicotin dengan kadar lemah dan nicotin dengan kadar kuat. Jika anda seorang pemula menghisap rokok, cobalah untuk membeli liquid tanpa kadar nicotin atau yang mengandung nicotin dengan kadar rendah. Sedangkan jika anda masuk katagori perokok berat, anda bisa membeli liquid dengan kadar yang kuat.
  • 3. Keamanan

    Jangan tergoda membeli liquid dengan harga yang murah. Karena bisa jadi produk liquid tersebut didistribusikan ke pasar gelap sehingga tidak pasti mengenai keamanannya. Belilah liquid dari produsen yang telah berlisensi dan diakui oleh pasar rokok elektrik.
  • 4. Efek Di Tenggorokan

    Ada istilah “throat hit” dalam hal merokok. Yaitu sebuah perasaan dimana ada rasa tendangan pada bagian belakang tenggorokan. Ini terjadi karena jenis dan kualitas bahan liquid yang digunakan. Liquid yang berbahan propilen glikol biasanya lebih banyak memberikan tendangan pada tenggorokan dibandingkan dengan bahan liquid yang lain. Agar ngevape lebih nikmat, anda bisa memilih liquid dengan bahan yang sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Demikian 4 Hal Sebelum Kamu Beli Liquid Vape yang bisa anda perhatikan sebelum membeli liquid vape. Jika anda masih ada hal lain yang perlu diperhatikan, cobalah untuk menulis pada kolom komentar berikut ini.
yuk baca artikel juga rekam jejak perjalanan vape di podstick.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu