Berita

Kenali Perbedaan Shisha dan Vape

Berita

Kenali Perbedaan Shisha dan Vape

Bagikan Artikel

Berlangganan

Segera Bergabung Dengan Untuk Mengetahui Perkembangan Terbaru Tentang Vape.

Artikel Lain

Kenali Perbedaan Shisha dan Vape

Bagi kamu yang baru saja menggunakan vape, pasti masih agak bingung dengan istilah shisha dan vape, Nah, agar tidak bingung lagi, Yuk, Kenali Perbedaan Shisha dan Vape, Seperti apa perbedaanya dan bagaimana bahaya dari Shisha dan Vape.

Mengenal Shisha

Shisha merupakan cara merokok khas timur tengah. Shisha dilakukan dengan cara menghisap asap dari hasil pembakaran tembakau menggunakan selang-selang panjang yang terhubung dengan pipa air. Shisha juga menawarkan berbagai pilihan rasa yang dapat dicampurkan pada tembakau.

Pipa yang digunakan pada shisha memiliki empat bagian, bagian kepala untuk meletakkan tembakau, bagian dasar untuk menampung air, bagian pipa untuk menghubungkan kepala dengan dasar, dan selang yang digunakan untuk menghisap asap Shisha.

Proses pembuatan shisha dimulai dengan meletakan tembakau yang telah dicampur dengan varian rasa pilihan di bagian kepala kemudian dilakukan pembakaran. Pembakaran biasanya dilakukan dengan bara atau arang. Asap yang dihasilkan akan tertarik dari bagian dasar, melewati penampung air, dan akhirnya masuk ke mulut melalui selang. Air pada alat shisha berfungsi sebagai pendingin, sehingga asap yang dihasilkan tidak panas dan lebih halus jika dibandingkan rokok biasa.

Bahaya Shisha

Jika dibandingkan dengan rokok biasa, shisha justru memiliki risiko yang lebih berbahaya. Asap yang dihasilkan shisha lebih banyak, sehingga risiko menghirup dan terpapar nikotin juga lebih banyak. Shisha biasanya dilakukan bersama-sama di tempat yang sempit. Bisa dibayangkan berapa banyak asap yang dikeluarkan dan begitu banyak pula asap yang mungkin dihirup.

Selain itu, sudah banyak penelitian yang menunjukkan tentang bahaya shisha. Beberapa di antaranya menunjukkan bukti berikut ini:

• Asap dari shisha mengandung zat beracun dalam kadar tinggi, seperti tar, karbon monoksida, logam berat, dan zat karsinogen (penyebab kanker). Arang yang digunakan untuk memanaskan tembakau dapat meningkatkan risiko kesehatan dengan menghasilkan karbon monoksida, logam berat, dan zat karsinogen yang tinggi.
• Shisha juga dihubungkan dengan kanker paru-paru, kanker mulut, penyakit jantung, dan lainnya.
• Anda mungkin berpikir bahwa air pada shisha dapat menyaring zat beracun dalam asap tembakau, tetapi ternyata anggapan Anda lagi-lagi salah. Air tidak menyaring zat beracun tersebut.
• Shisha juga dapat menyebabkan ketergantungan nikotin.
• Pipa shisha bisa menjadi alat untuk penyebaran penyakit menular.

Mengenal Vape

Vape sebenarnya adalah kependekan dari vaporizer atau alat penguap cairan. Dalam dunia akademis, vape sering kali disebut sebagai Electronic Nicotine Delivery System (ENDS). Makna ENDS sendiri berkaitan dengan sistemnya, yaitu alat pemanas cairan nikotin bertenaga baterai, meskipun kini tak semua cairan vape mengandung nikotin.

Rokok elektrik dan shisha mungkin mempunyai kesamaan, yaitu sama-sama mempunyai rasa yang membuat Anda tertarik untuk mencobanya. Bedanya, rokok elektrik tidak mengalami proses pembakaran. Selain itu, rokok elektrik menghasilkan uap air, bukan asap, yang dihasilkan oleh alat pemanas. Uap air yang dihasilkan oleh rokok elektrik mengandung zat-zat, seperti nikotin, yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Bahaya Vape

Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan Vape terbukti dapat merusak jaringan paru-paru. Vape juga dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan otak pada pengguna yang masih muda. Anak-anak pun dapat mengalami keracunan karena menelan, menghirup, atau menyerap uap air yang dihasilkan rokok elektrik.

Terlebih, kandungan nikotin pada suatu produk rokok elektrik bisa berbeda-beda, berkisar antara 0-100 mg/ml, bahkan terkadang tidak dicantumkan berapa jumlahnya. Semakin tinggi kadar nikotin, tentu semakin membahayakan kesehatan Anda.

Jadi, Pilih Shisha atau Vape ?

Jika selama ini ada orang yang mengatakan kepada Anda bahwa shisha lebih baik daripada rokok biasa, sebenarnya Anda sedang dibohongi. Shisha ternyata bisa lebih buruk daripada rokok biasa dan lebih dapat membahayakan kesehatan Anda.

Meski Anda tidak sering menggunakan shisha daripada rokok biasa, asap tembakau yang Anda hirup bisa berkali-kali lipat lebih banyak. Sementara itu, rokok elektrik mungkin lebih aman dibandingkan shisha atau rokok biasa. Namun, penggunaannya yang terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Untuk itu anda sebaiknya Kenali Perbedaan Shisha dan Vape

Jika dibandingkan baik rokok, vape, maupun shisha sama-sama mengandung nikotin. Zat inilah yang membuat Anda menjadi kecanduan, sehingga tidak bisa melepaskan diri dari kebiasaan merokok. Jika dilihat memang menggunakan vape memiliki risiko terpapar nikotin yang lebih sedikit dibandingkan dengan rokok biasa dan shisha. Namun, tetap saja walaupun hanya sedikit nikotin tetap berisiko menyebabkan kecanduan.

Karakteristik Perbedaan Shisa dan Vape yang menonjol di antaranya :

• Terdiri dari beberapa bagian mulai dari kepala sebagai tempat shisha atau selai, bagian dasar untuk air yang dipanaskan, pipa untuk menghubungkan bagian dasar dan kepala. Pipa air untuk menghisap asap shishanya.
• Pemanasan menggunakan arang atau bara.
• Asap yang dihisap terasa dingin tidak panas seperti rokok konvensional.
Sementara itu, yang membedakan vape berbeda dengan shisha adalah:
• Vape merupakan definisi dari alat pemanas nikotin cair yang dipanaskan dengan tenaga baterai. Sedangkan shisha menggunakan kemasan kombinasi tembakau dan selai yang dipanaskan dengan bara api.
• Vape merupakan bagian alat elektronik sedangkan shisha pipa air yang menjadi alat pembakaran supaya asap dapat dihisap.

Tidak ada perbedaan antara vape dan rokok elektrik. Yang membedakan jenis vape terkadang dari bentuk dan fungsinya saja seperti Mod, Cigalike, dan Pods. Salah satu jenis contoh Pods yang aman, fleksibel dan nyaman adalah Ezypods. Ezypods merupakan bagian dari jenis rokok elektrik berupa pods yang didukung dengan Compatible Relx Device dan Compatible Relx Classic.

Selain itu, Ezypods menyediakan Ezypods liquid dengan berbagai varian aroma mulai dari Strawberry Ice, Ezypods Watermelon Blast, Flurry Taro, Iced Lemon Yoghurt, Ice Cola, dan berbagai rasa lainnya. Kamu bisa cari Pods refill classic yang kamu suka di toko online Ezypods.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu